Sapi Benggala

MEDAN | Dikonews -

Sapi benggala atau yang biasa disebut sapi lokal, banyak diminati warga Medan untuk dijadikan sebagai hewan kurban pada Idul Adha 1433 Hijriah.

Seorang pengusaha ternak sapi di Medan Polonia, Syamsir Nasution, Jumat (26/10), mengatakan lebih kurang 55 ekor sapi lokal itu, laris terjual selama dua pekan ini. Sapi lokal tersebut, menurut dia, sering dipilih konsumen, karena harganya relatif murah dan dapat terjangkau, serta kesehatannya juga terjamin.

Selain itu, sapi lokal juga paling mudah di dapat, karena peternak hewan memamah biak tersebut ada di beberapa kabupaten di Sumatera Utara.

“Kabupaten yang banyak mengembangkan budidaya ternak sapi, yakni Langkat, Deli Serdang dan Serdang Bedagai dan beberapa daerah lainnya,” ucap dia.

Syamsir mengatakan, sapi yang dipasarkannya di lokasi peternakan kawasan Polonia Medan itu, sebanyak 100 ekor, terdiri dari 90 ekor sapi lokal dan 10 ekor lainnya asal Australia.

Sapi lokal itu, disusun berjejer di halaman depan lokasi peternakan. Sedangkan sapi impor dari Australia di tempatkan di sebuah kandang khusus untuk menjaga kesehatan ternak asing tersebut.

“Perawatan terhadap sapi yang didatangkan dari negeri Kanguru itu, harus ekstra hati-hati dan jangan sampai terganggu kesehatannya. Sapi dari luar negeri itu kelihatan tinggi dan memiliki bobot besar,” katanya.

Ketika ditanya berapa harga satu ekor sapi tersebut, Syamsir mengatakan, harganya bisa mencapai Rp7 juta hingga Rp7,5 juta yang mencapai berat 70 kg, Rp12 juta (seberat 110 kg) dan sapi Australia Rp23 juta (seberat 220 kg).

“Seluruh sapi lokal maupun sapi dari Australia itu, dalam keadaan sehat, bersih dan makanan yang diberikan juga rumput yang alamiah,” kata Syamsir yang sudah tujuh tahun selaku pengusaha ternak sapi tersebut.

Sementara itu, pada Idul Adha Pemerintah Kota Medan menyembelih sebanyak 167 ekor sapi lokal, dan dibagi-bagikan kepada masyarakat maupun fakir miskin serta ke setiap kelurahan di Kota Medan.(Ant/DNI/dk)

Komentar via Facebook

Kirim Komentar Anda

Email anda tidak akan di tampilkan.