Piala AFF Asia

JAKARTA | Dikonews -

Dua pekan lagi kejuaraan sepak bola internasional antarnegara-negara di kawasan Asia Tenggara atau AFF Suzuki Cup 2012 akan digelar. Delapan negara dipastikan ambil bagian dalam kejuaraan yang akan digelar dari 24 November hingga 22 Desember 2012.

Kedelapan negara itu adalah Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar, Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Laos. Peserta dibagi ke dalam dua grup A dan B.

Pertandingan grup A yang diisi Thailand, Vietnam, Filipina dan Myanmar akan digelar di Thailand. Sedangkan laga di grup B yang terdiri dari Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Laos akan dilaksanakan di Malaysia. Nantinya dari setiap grup akan terpilih dua negara terbaik untuk melaju ke babak semifinal.

Kejuaraan yang pertama kali digelar pada 1996 di Singapura ini, mulanya diberi nama Piala Tiger, sesuai dengan sponsornya yaitu perusahaan bir Singapura, Tiger Beer. Pada 2007, namanya berubah jadi Kejuaraan Sepakbola ASEAN. Setahun kemudian nama kejuaraan ini diganti jadi Piala Suzuki AFF.

Saat pertama digelar di Singapura pada 1 hingga 15 September 1996, kejuaraan ini berhasil menyedot perhatian masyarakat. Seperti dilansir situs resmi Suzuki AFF, kerumunan besar orang-orang memadati Stadion Nasional, sementara jutaan lainnya menonton di televisi.

Ketika itu jumlah peserta yang mengikuti Piala Tiger ini, 10 negara. Indonesia dalam turnamen ini menurunkan pemain muda alumni Primavera dengan bintangnya Kurniawan Dwi Julianto. Selain Kurniawan ada pula Aples Gideon Tecuari, Widodo, Peri Sandria dan Hendro Kartiko.

Tim asuhan Danurwindo ini hanya mampu menempati posisi ke empat, setelah pada pertandingan perebutan tempat ketiga Indonesia ditaklukan Vietnam. Thailand tampil sebagai juara setelahmengalahkan Malaysia 1-0. (IAN)

Kirim Komentar Anda

Email anda tidak akan di tampilkan.