Kontak Senjata di Jayapura

JAYAPURA | Dikonews -

Tim gabungan yang dipimpin langsung Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Polisi Tito Carnavian terlibat baku tembak dengan kelompok bersenjata di kawasan antara Distrik Makki, Kabupaten Jayawijaya, dan Distrik Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Kamis (29/11). Seorang anggota gerombolan bersenjata terkena tembakan dan kini dirawat.

Tim pimpinan Kapolda Papua ini mulai bergerak sejak kelompok masyarakat bersenjata melakukan penyerangan ke Polsek Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, beberapa hari silam. Penyerangan kelompok bersenjata itu menyebabkan tiga anggota Polri tewas.

Menurut Wakil Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpau, tim berhasil menembak satu orang dari pihak kelompok bersenjata karena pada saat pengejaran, kelompok itu berusaha melakukan penembakan. Baku tembak terjadi selama dua jam. Saat ini anggota kelompok bersenjata yang tewas itu masih dirawat di Rumah Sakit Umum Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Paulus juga menegaskan bahwa Kapolda Papua sudah langsung turun ke lapangan untuk memastikan bahwa kelompok bersenjata yang sering melakukan pembunuhan dan pembantaian di Papua itu memang benar ada. Bahkan Polda Papua telah mengidentifikasi pimpinan kelompok bersenjata itu berinisial RM. Kelompok ini kerap mengganggu keamanan dengan penembakan di daerah Puncak Jaya.

Kelompok pimpinan RM yang berjumlah 30 orang ini diduga memiliki kekuatan kurang lebih 10 pucuk senjata api. Senjata itu merupakan hasil rampasan dari anggota TNI dan Polri. (Ricardo Hutahaean/DSY)

Kirim Komentar Anda

Email anda tidak akan di tampilkan.