Penyeraham Data Agregat

LUBUK PAKAM | Dikonews -

Data agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, diserah kan ke KPU Deli Serdang . Oleh Wakil Bupati H Zainuddin Mars kepada Ketua KPU  Drs H Moh Yusri Msi ditandai penandatanganan bersama, Kamis ( 6/12) di aula  Dinas Kesehatan Kompleks perkantoran Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam. Acara dihadiri  Ketua Panwaslu  Erwin Lubis Spdi,Kadis Kependudukan dan Capil Drs H M A Yusuf Siregar MAP, Kaban Kesbang Drs H Hasbi,Kadis Infokom Drs Neken Ketaren dan sejumlah pejabat pemkab  dan Camat  ddampingi sekcam se Kabupaten Deli Serdang.

Pada  acara penyerahan  data agregat  Kependudukan  per Kecamatan (DAK2) yang secara serentak di seluruh Indonesia. Wabup H Zainuddin Mars  membacakan  sambutan Menteri  Dalam Negeri   Gamawan Fauzi diantaranya mengatakan bahwa penyerahan  DAK2 tersebut merupakan tahapan mendasar dalam proses Pemiliha umum anggota DPRD,DPD dan DPRD sebagaimana diamanatkan UU  No 8 tahun 2012 sebagai sarana perwujudan kedaulatan rakyat untuk menghasilkan wakil rakyat yang aspiratif, berkwalitas dan bertanggung jawab berdasarkan Pancasila dan UUD  RI 1945.yang diserahkan paling lambat  16  (enam belas} bulan sebelum  hari pemungutan suara.

Dijelaskan juga bahwa DAK2  bersumber dari data base kependudukan yang sudah dimutakhirkan oleh Kabupaten /Kota melaui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  sampai dengan  tanggal  20 Nopember 2012, serta telah  diintegrasikan dengan hasil perekaman  e-KTP atanggal 26 Nopember oleh Ditjen Kependudukan dan Capil Kementerian Dalam Negeri.

Apabila terjadi perbedaan data base kependudukan Kabupaten/Kota dengan DAK2 yang diserahkan pada  tanggal 6 Desember 2012 ini, masih akan terus diintegrasikan untuk keperluan selanjutnya, termasuk untuk penyiapan Data Penduduk Potensial  Pemilih Pemilu (DP4)

Lebih jauh dikatakan  Mendagri  , data base kependudukan yang sudah terbangun ini harus  dijaga akurasinya melalui pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil setiap harinya. Pelaporan lahir,meninggaldunia, pindah dan datang (Lampid ) yang dialami penduduk harus dilaksanakan secara terus menerus , karena akan  berpengaruh  secara signifikan terhadap akurasi data base kependudukan, memberi dampak terhadap  jumlah penduduk  negara RI. jumlah tersebut dalam skala  wilayah Kecamatan merupakan data agregat kependudukan per Kecamatan (DAK2)

Sebelumnya Kadis  Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Deli Serdang  dalam laporannya menjelaskan  bahwa  penyerahan DAK2   guna untuk mengetahui data agregat keopendudukan perKecamatan  di kabupaten Deli serdang  dalam rangka  Pemilu   DPR,DPD dan DPRD tahun 2014.

Selain itu juga dijelaskan bahwa pada tahun 2013 Jaringan komunikasi  pembuatan e-KTP dan  KK   di Kabupaten Deli serdang sudah merata dan dapat dilakukan diseluruh Kecamatan, demikian juga  perpanjangan  dan  pembuatan KTP manual kepada  masyarakat  tetap dilayani. Sedangkan dalam memberika pelayanan prima kepada msyarakat dalam penerbitan Akte Kelahiran bagi anak usia  lebih dari satu tahun  Dinas Kependudukan dan Capil terus melksanakan  pelayan keliling  dengan sintim jemput bola melalui Sidang lapangan  kerjasama dengan Pengadilan Negeri, BRI dan  Kantor POS sesuai  jadwal di masing-masing Kecamatan. (Arie)

Komentar via Facebook

Kirim Komentar Anda

Email anda tidak akan di tampilkan.