LUBUK PAKAM | Dikonews -

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Deli  Serdang telah menetapkan jadwal pelaksanan pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada tanggal 23 Oktober mendatang.

Demikian disampaikan Ketua KPUD Kabupaten Deliserdang, Moh Yusri didampinggi anggotanya Agusnedi, di Lubuk Pakam, hari ini. Penetapan jadwal Pemilukada itu, mengacu kepada Pemilukada pada priode sebelumnya.

Selain telah membuat jadwal Pemilukada, KPUD juga telah membuat tahapan persiapannya, yang akan dmulai sekitar bulan April.” Mulai awalapril pelaksana tahapan Pemilukada mulai berjalan, yang ditndai dengan pembentukan alat kelengkapan, ” kata Moh Yusri. Selain telah membuat jadwal serta tahapan. KPUD telah mengajukan anggaran pelaksanan Pemilukada senilai Rp 44 miliar ke DPRD, bahkan telah disahkan  DPRD.

Nantinya dana tersebut sekitar 70 persen akan membiaya penyelengaran Pemilukada berupa biaya honorer penyelengara yaitu honor KPUD, PPK serta PPS dan KPPS, sementara itu sisanya untuk biaya sosialisasi, pengadankertas suara dan keperluan biaya pengangkutan surat suara, kotak suara dan boks pembatas  pemugutan suara.

“Biaya honorer itu harus mengacu kepada Permendagri nomo 58 tahun 2008 tentang pengelolan dan pertanggungjawaban dana hiba Pemilukada, semua diatur disitu,”ungkapnya.

Disebutkan anggota PPK atau tingkat kecamatan sebanyak 110 orang, anggotaPanitia Pemungutan Suara (PPS) 1.182 atau tingkat Desa dengan jumlah Desa/ Kelurahan 394, ditambah aggota KPPS sekitar 22.772 orang. (wol)

Kirim Komentar Anda

Email anda tidak akan di tampilkan.