KARAWANG | Dikonews -

Satu unit mobil dan 8 sepeda motor dibakar dalam bentrokan 2 kelompok LSM di Rengas Dengklok. Karawang, Jawa Barat. Diduga bentrokan terjadi karena memperebutkan limbah industri yang bernilai ekonomis.

Masing-masing massa dari dua kelompok LSM itu yakni LSM Komando Penegak Keadilan (Kompak) dan Gabungan Inisiatip Barisan Anak Siliwangi (Gibas) mempersenjatai diri.

Pantauan , Selasa (26/3/2013), peristiwa yang terjadi pukul 10.00 WIB di Jalan Proklamasi, Rengasdengklok itu berawal saat sekelompok orang mendatangi Markas LSM Gibas dan menuntut balas atas penyerangan sebelumnya. Massa kemudian membakar sejumlah kendaraan dan merusak markas LSM tersebut.

Tak ada korban jiwa dalam bentrokan tersebut. Kendati demikian, polisi dibantu anggota TNI masih berjaga di lokasi kejadian untuk mencegah bentrok susulan. Mereka yang terlibat bentrok mempersenjatai diri dengan senjata tajam serta kayu dan bambu.

Mereka juga melakukan aksi pembakaran sejumlah kendaraan dalam peristiwa itu. Suasana cukup mencekam. Jalan Proklamasi mulai dari pertigaan terminal Rengasdengklok hingga sekitar Desa Amansari Rengasdengklok lumpuh.

Sepanjang jalan raya itu tidak bisa dilewati kendaraan karena bentrokkan terjadi antar-LSM terjadi di tengah jalan raya. Bentrokan berlangsung selama lebih dari 1 jam.

Peristiwa bentrok diduga akibat rebutan pengelolaan limbah pabrik di salah satu kawasan industri di Karawang. “Bentrokkan antar-LSM ini murni terjadi akibat rebutan limbah pabrik yang berada di kawasan industri. Kami sudah berusaha menenangkan kondisi ini,” kata Kapolres Karawang AKBP Arman Achdiat. (Ali)

Kirim Komentar Anda

Email anda tidak akan di tampilkan.