PURWOKERTO | Dikonews -

Hari ini Tasripin (12) memulai hidup baru. Rumah reyot yang ditinggalinya yang direhab TNI sudah jadi. Tasripin dan 3 adiknya akan segera meninggalkan hotel.

Tasripin diinapkan di Hotel Wisata Niaga di Jalan Merdeka, Purwokerto, Kamis (18/4/2013). Rumahnya direhab personel Kodim 0701 Banyumas dan Korem 071 Wijayakusuma. Mirip acara “Bedah Rumah” di televisi.

“Rumah sudah 90 persen. Hari ini, kami akan membawa Tasripin kembali ke rumah,” kata Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf Helmi Tachejadi Soerjono saat menemui Tasripin dan ketiga adiknya di hotel, Jumat (19/4/2013).

Dijelaskan Helmi, anggotanya hanya tinggal membereskan bagian-bagian rumah seperti kamar, dapur, tempat belajar, dan lingkungan sekitar. Pekerjaan itu dikebut dan diperkirakan selesai sekitar pukul 13.00 WIB.

“Saya sampaikan dia (Tasripin) harus sekolah. Karena itu jadi bekal dia menjaga adik-adiknya,” kata Helmi yang berpakaian dinas warna hijau ini.

Tasripin tinggal di pelosok Banyumas, tepatnya di Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok. Rumahnya hanya berupa bilik kayu berukuran 5×7 meter dengan satu ruang kamar berukuran 3×3 meter. Di dalamnya juga ada dapur dengan tungku kayu bakar dan isi perabotan ala kadarnya.

“Senang,” ucap Tasripin sambil tersipu ketika ditanya perasaannya akan memiliki rumah baru.

Tasripin berhenti sekolah dan terpaksa bekerja untuk menghidupi ketiga adiknya selama berbulan-bulan. Ia bekerja serabutan di sawah dengan bayaran Rp 30 ribu-Rp 40 ribu. Namun hal itu tidak tiap hari bisa dilakukan, karena tergantung order.

Ibu Tasripin telah meninggal dan bapaknya bekerja di Kalimantan. Rencananya, bapaknya akan pulang Kamis kemarin, tapi hingga kini belum datang karena terhambat masalah angkutan. (dtc)

Kirim Komentar Anda

Email anda tidak akan di tampilkan.